Selasa, 11 September 2012

Radar Neptunus




Semua pasti tau novel perahu kertas karya Dee kan? Atau mungkin juga udah nonton film perahu kertas?
Bagi yang mungkin belum tau novel Perahu Kertasnya Dee, gue saranin kalian harus segera membacanya. Hahaha. Karena menurut gue, ini salah satu novel yang gak bakal bikin kalian nyesel ngeluarin kocek kalian untuk membeli buku ini. Dan gue udah terlanjur jatuh hati pada novel Perahu Kertas. Thanks to Dee yang udah nulis novel Perahu Kertas ini. 

Yap, di sini gue bakal ngebahas mengenai ‘radar Neptunus’
Sebelum cerita panjang lebar, gue mau jelasin dulu deh cerita asal mulanya ‘radar Neptunus’ dalam novel Perahu Kertas.

Berawal dari seorang cewek yang bisa dibilang aneh karena penampilan dan kelakuannya yang super duper cuek dan aneh bernama Kugy. Kugy adalah seorang cewek yang bermimpi untuk menjadi seorang pendongeng. Dan Kugy juga seorang cewek dengan umurnya yang bukan lagi anak-anak, masih senang berada di dalam dunia khayalnya. Dunia yang mungkin hanya dia sendiri yang mengerti dan bisa dibilang aneh bagi orang lain. Namun Kugy tidak pernah ambil pusing apa yang dikatakan orang lain, dia masih tetap asyik dengan dunianya sendiri. Dunia dongengnya. Dengan perahu kertasnya yang ditujukan untuk Neptunus. Gue gak tahu bagaimana Dee bisa menciptakan sosok Kugy ini. Kugy menganggap bahwa dirinya adalah agen Neptunus yang diutus ke bumi. Dan Kugy harus membuat laporan kepada Dewa Neptunus. 

Sampai akhirnya Kugy bertemu dengan seorang cowok bernama Keenan yang juga bisa menyeimbangi keanehan Kugy. Keenan yang juga mempunyai mimpi sebagai seorang pelukis. Dengan radar Neptunus, Kugy bisa menemukan Keenan. Kugy pun melantik Keenan menjadi salah seorang agen Neptunus. Dan sahabat mereka mengatakan bahwa mereka memang sama anehnya. 

Dengan adanya Keenan, Kugy merasa dia bisa meraih segala mimpinya bersama-sama. Beralih lagi pada ‘radar Neptunus’. Dengan kehebatan ‘radar Neptunus’ yang dirasakan Kugy dan Keenan, mereka seperti sudah saling terikat dengan ‘radar Neptunus’. Apapun yang mereka rasakan dan di manapun mereka berada, ‘radar Neptunus’ seakan menjadi tali yang dapat menghubungkan mereka berdua. Begitu dahsyatnya ‘radar Neptunus’ bagi mereka. Seakan-akan sekalipun mereka terpisah, maka ‘radar Neptunus’lah yang akan menyatukan mereka kembali. 

Okeh, kita telusuri arti ‘radar Neptunus’ tersebut. Menurut pengamatan gue, bahwa ‘radar Neptunus’ yang diciptakan Dee dalam  novel Perahu Kertas ini juga sebenarnya tanpa sadar telah ada di sekeliling kita. Seperti sebuah antena yang menghubungkan kita dengan orang lain. atau mungkin yang disebut teman gue dengan ‘buhul-buhul’. Layaknya sebuah ikatan antara satu dengan yang lain. 

Pernah nggak kalian suka sama orang lain dan merasakan seperti ada sebuah antena yang kalian ciptakan dengan orang yang kalian sukai tersebut. Misalnya saja, di saat kalian bersama dengan teman-teman kalian dan tiba-tiba seseorang yang kalian sukai itu muncul dari arah yang entah dari mana. Gue bisa tebak, pasti kalian lah yang pertama mengetahui keberadaan orang yang kalian sukai itu. Bahkan dari jarak terjauh sekalipun, kalian sudah bisa mengetahui keberadaan orang tersebut. Mungkin juga masih banyak contoh-contoh lain yang nggak bisa gue jelasin semuanya di sini. Tidak pernahkah kalian sadar bahwa memang ada sebuah radar atau gue misalkan seperti sebuah antena di kepala kalian? Seperti radar tersendiri yang kalian ciptakan untuk mengenali atau mengetahui keberadaan orang tersebut. Nah, mungkin seperti itulah yang juga terjadi pada Kugy dan Keenan. Mereka bisa saling menemukan satu sama lain. ada ‘radar Neptunus’ yang kasat mata yang telah terpasang di atas kepala mereka.

Hhmmm. Seperti lirik lagu Perahu Kertas.
Dan kau ada di antara milyaran manusia
Dan ku bisa dengan radarku.. menemukanmu

Kadang gue juga berpikir, mungkinkah gue bisa menemukan belahan jiwa gue dengan radar yang gue miliki? # mulai deh melankolisnya. Mungkinkah radar gue bisa melacak belahan jiwa gue itu? 

Sudahkah ‘radar’ kalian menemukan seseorang yang selama ini kalian cari?

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Hahahaaa... bagus-baguuusss...!!!
Jempol dah...!! :)
So sweeeeeeettt.... padahal nita pengen tuuuhh....!! hehe...
tenaaaaang..... ntar juga radar mu itu bisa menemukan belahan jiwa mu... heheeee... :D
#Rada sotoy dikit gue,. ^_^

Anonim mengatakan...

hahaha
enak ya kalo radar neptunus nya ktemu sama orang yang pas , kalo sama orang yang salah gimana tuh #pengalaman pribadi :(

good buat yang bikin blogg (y)
@rioharisatia

Andi Sholihin mengatakan...

jiahahaha, pantesan mantan gue sering nyebut2 radar2 neptunus di status FBnya. ternyata abis kerasukan perahu kertas..

Pecandu senja mengatakan...

Mungkinkh belahan jiwa gue maudy ayunda.. haha